Minggu, Januari 01, 2012

Ayo Kita mulai Membaca

Baca..baca..baca... ayo kita membaca. membaca itu menyenangkan karena dengan membaca kita bisa keliling dunia tanpa bergeser satu centimeter pun, karena dengan membaca kita bisa tahu banyak hal menarik yang belum pernah kita ketahui. Membaca itu menyehatkan.karena dengan membaca akan melatih otak kita untuk berimajinasi menerawang masuk kedalam isi bacaan, itu berarti ada proses olah otak. (lho..? kok olah otak..!?!!!??) ya donk, bukan cuma raga saja yang butuh diolah dengan olahraga, otak juga butuh pelatihan agar tidak cepet loyo alias pikun hehehee...

Tapi sayangnya budaya membaca di Indonesia tidak sepopuler dinegara2 maju. Kata novelis terkenal bang andrea bilang, di Indonesia orang yang suka membaca dianggap orang yang tidak gaul, kuno, ketinggalan zaman. kalo diperhatiin emang bener sih, apalagi kalo ditambah pake asesoris kacamata tebel, uuuhhh.. makin cupu tuh anak. Mangkanya anak muda sekarang cenderung menjauh dari yang namanya membaca. Padahal tidak ada orang pinter tanpa melalui proses membaca. berarti anak pinter itu bukan anak gaul? dan berarti juga anak gaul itu bukan anak pinter? mana yang bener? pikir sendiri aja deh... :P

Lebih jauh lagi berbincong-bincong tentang membacong, membaca bukan hanya membaca tulisan dengan kedua mata kita, tetapi membaca juga bisa dengan hidung, kuping, dan indera2 lainnya yang kita miliki. termasuk indera ke enam, ketujuh, kedelapan, dan seterusnya (lebaYY). Maka dari itu latihlah kekuatan membaca kita dengan membiasakan membaca sejak dini atau paling tidak mulai dari sekarang.

OK, jadi gini, membaca yang aku maksud adalah membaca keadaan, membaca situasi, membaca alam, kondisi dan yang lainnya yang memerlukan keahlian khusus kaya ilmu titen atau sejenisnya. itu penting loh, peradaban yang maju kaya sekarang ini gak mungkin ada tanpa adanya orang2 yang pinter membaca kaya om Galileo yang dengan hasil membaca kejadian alam dia dapat menerangkan bahwa bumilah yang muter mengelilingi matahari, padahal sebelumny umat manusia mempercayai bahwa bumi adalah poros jagat raya. atau cerita bang Newton dengan hukum-hukumnya, atau kakek Einstein yg dapat menjabarkan rumitnya teori kuantum. 

Maka dari itu, yuk mulai dari sekarang kita budayakan membaca, gak perlu muluk-muluk buat merubah dunia kaya ilmuan-ilmuan diatas, paling tidak untuk kebaikan kita sendiri, untuk meningkatkan kualitas hidup sendiri. ok?

Salaaaaaaam......... :D

Tidak ada komentar: